Cara Booting Hiren Boot CD Melalui USB Flash Drive

Sebelumnya telah kita bahas apa dan bagaimana cara menggunakan Hiren Boot CD melalui media CD/DVD. Nah pada artikel kali ini, akan kita bahas bagaimana cara menjalankan Hiren Boot CD melalui media USB Flash Drive. Sebagai catatan, sebagian versi komputer, terutama komputer model lama tidaklah support booting melalui USB. Sedangkan versi Hiren Boot CD yang dapat digunakan untuk booting melalui USB adalah versi 9.7 keatas. Jadi sebelumnya, pastikan bahwa anda menggunakan komputer yang support booting USB dan anda memiliki Hiren BootCD versi 9.7 atau yang lebih baru. Jika anda belum memiliki Hiren Boot CD, anda bisa mendownloadnya melalui disini.

Cara Membuat Hiren BootCD Booting Melalui USB Flash Drive.

Langkah Pertama : Formatting USB Flash Drive.
Perhatian : Seluruh isi dari USB Flash Drive yang akan anda gunakan akan diformat habis. Jadi pastikan bahwa anda telah menyimpan filefile penting pada USB Flah Drive anda sebelum melakukan langkah berikut.

1. Konekkan / colokkan USB Flash Drive dengan ukuran 512 MB atau lebih besar ke komputer anda.
2. Download dan jalankan USB Disk Format.
3. Pilih media USB yang akan anda gunakan, pada file system pilih FAT dan kemudian klik Start.


4. Jika anda melakukannya dengan benar, maka setelah proses formatting selesai akan muncul tampilan seperti berikut.



Langkah Kedua : Menginstall Grub4Dos ke USB Flash Drive.
1. Download dan extract Grub4Dos.zip.
2. Buka folder grub4Dos dan jalankan file 'grubinst_gue.exe' yang terdapat didalam folder tersebut.
3. Pada bagian Disk, pilih USB Flash Drive yang sudah difromat pada langkah pertama tadi. Tekan tombol 'Refresh' pada Part List dan pilih Whole disk (MBR) kemudian klik Install.

Langkah Ketiga : Copy File ke USB Flash Drive.
1. Extract File Hiren BootCD.zip (versi 9.7 atau lebih baru) yang telah anda download kemudian extract lagi file HirenBootCD.iso yang berada didalam file Hiren BootCD.zip.
2. Copy semua isi dari file Hiren BootCD.iso yang telah anda extract kedalam USB Flash Drive.
3. Copy file 'grldr' dan 'menu.lst' dari file HBCD ke USB Flash Drive sehingga hasil akhirnya dari isi USB Flash Drive anda seperti gambar berikut.

 Jika anda melakukan langkah-langkah diatas dengan benar, maka kini USB Flash Drive anda telah siap untuk digunakan booting Hiren BootCD. Selamat mencoba !!.

0 comments:

Find It